Keluhan menggunakan IOS7 Apple

iklan


Untuk beberapa pengguna, iOS 7 tidak begitu menakjubkan.

IOS 7 adalah perombakan besar-besaran Apple terhadap sistem operasi ponselnya sejak iOS diluncurkan pada 2007, menghadirkan penampilan baru dari segi desain dan fungsi yang ditata ulang. Dan ketika perombakan besar itu diluncurkan untuk iPhone dan iPad bulan ini, keluhan dan rasa frustasi pengguna, adil atau tidak adil, terus bermunculan. Mari kita lihat keluhan-keluhan terbesar tentang iOS terbaru Apple sejauh ini:

Gangguan Kemanan

Satu masalah, tapi saat ini sudah diselesaikan, cacat keamanan di iOS7 bisa menghambat lockscreen di perangkat tersebut, seperti dilansir CNET. Dari iPhone atau iPad yang terkunci, tariklah bagian bawah layar untuk mengakses aplikasi alarm dan ikutilah sejumlah langkah tambahan yang hadir di layar multitasking iOS 7, di sana Anda bisa mengakses aplikasi kamera atau galeri foto. Itu membuka jalan pintas menuju Twitter, email, dan akun lainnya. Apple langsung menanggapi  kerentanan itu dengan merilis pembaruan  iOS 7.0.2 pekan lalu, dengan memperbaiki bug.

Log Out yang Tidak Diinginkan

Satu masalah yang membuat jengkel para pengguna iOS 7 dan pengembang adalah sebuah kesalahan yang membuat pengguna keluar secara otomatis dari beberapa aplikasi, menurut The Verge, memunculkan tampilan sign in setiap kali mengakses aplikasi dengan akun yang aneh. Aplikasi email populer iOS Mailbox “dalam mode krisis” tak lama setelah iOS 7 diluncurkan, berusaha memperbaiki masalah perangkat lunak karena para pengguna mulai cemas. Menurut Mailbox, satu-satunya solusi, meskipun sifatnya hanya sementara, adalah menonaktifkan latar belakang terbaru iOS 7, namun ini akan menghalangi aplikasi itu untuk menerima informasi teraktual saat latar belakang terpasang. Masalah ini masih belum diatasi.

Kekuatan Baterai

Baterai yang boros merupakan salah satu topik utama di kalangan orang-orang yang sudah memperbarui iDevice mereka. Seperti dilansir PC Magazine, perbedaan dalam penggunaan daya baterai sulit untuk dihitung, karena setiap pengguna menggunakan ponsel mereka dengan cara berbeda dan menerapkan pengaturan yang unik, namun perlu disebutkan bahwa Apple berhasil mengatasi klaim baterai yang boros dengan perbaikan perangkat lunak iOS 5. Selain itu, beberapa situs sudah menyusun daftar beberapa panduan untuk membantu pengguna dalam menghemat baterai, dengan menyarankan untuk mematikan pembaruan aplikasi latar belakang dan menonaktifkan AirDrop (Layanan berbagi data nirkabel bikinan Apple).  Contohnya, Alexis Kleinman dari Huffington Post mengumpulkan kiat-kiat penting bagaimana cara menghemat baterai dengan iOS7.

Gerakannya Menyebalkan

Keluhan aneh lainnya mengenai iOS7 yang ramai diperbincangkan adalah: Membuat para pengguna sakit. Seperti yang dilaporkan  oleh NBC News, desktop 3D baru dari iOS 7 kemungkinan membuat para pengguna iPhone mengalami gejala seperti vertigo.

“Kami belum melakukan percobaan dengan ponsel ini, hal ini yang menurutku terjadi -- ini pasti dikarenakan gerakan layar,” ujar Frederick Bonato, psikolog dari Montclair State University, New Jersey, kepada NBC. Mengayun-ayunkan perangkan iOS 7 akan membuat ikon-ikon aplikasi menciptakan ilusi kedalaman. Apple menamai fenomena ini dengan sebutan paralaks.

“Melihat ruang tiga dimensi, di ponsel dengan layar datar, dapat memicu rasa mual,” ujar Bonato.

Cukup dengan menonaktifkan giroskop ponsel (yang juga dapat menghemat penggunaan baterai) akan menghentikan efek 3D iOS 7, dan semoga juga dapat mengurangi rasa mual di perut.

Masalah dengan iMessage

Banyak pengguna iOS 7 memposting keluhan mereka di jejaring sosial mengenai kesulitan yang mereka alami saat mengirim pesan dengan versi terbaru iMessage, platform messaging Apple untuk mengirim SMS dan desktop chatting. Menurut The Wall Street Journal, Apple membenarkan hal itu dan saat ini sedang berupaya mengatasi masalah tersebut sesegera mungkin. Situs teknologi BGR melaporkan bahwa kita masih harus menunggu perbaikan iMessage hingga pekan depan dengan update kedua iOS 7.

Kelemahan pada desain

IOS 7 juga memiliki ketidaksempurnaan pada desain visual. Salah satu cara untuk melihat ketidaksempurnaan desain iOS 7 dan kompatibilitas dengan aplikasi pihak ketiga adalah sloppyui.tumblr.com. Meskipun akun Tumblr ini dikatakan menampilkan segala sesuatu berdasarkan “kejujuran intelektual, bukan menyindir,” situs ini penuh dengan inkonsistensi dan kesalahan pada desain, dan tampaknya ditujukan untuk menyindir.

Memang, “masalah-masalah” ini mungkin terkesan sedikit pilih-pilih, mengingat sebagian besar perangkat lunak secara perlahan-lahan direvisi dan disempurnakan setelah dirilis perdana. Bahkan, Android buatan Google, rival terbesar iOS, tidak pernah melakukan peluncuran sebesar iOS 7. Sebagian besar teknologi yang dirilis Google diadopsi secara perlahan-lahan, dan kemudian disesuaikan dengan versi Samsung, HTC atau Motorola.

Keluhan-keluhan lain mengenai iOS versi terbaru bersifat jauh lebih subjektif. Sebagai contoh: “Kalender baru di iOS 7 sangat mengganggu” atau “Akhirnya saya memiliki iOS 7 dan ternyata ini jelek. Berharap tidak pernah meng-update-nya,” ujar dua orang pengguna Twitter. Banyak fitur dan desain baru di iOS 7 merupakan versi yang jauh berbeda dari iOS 6, dan terkadang perubahan sulit diterima dan butuh waktu membiasakan diri.
iklan
Description: Keluhan menggunakan IOS7 Apple
Rating: 4.5
Reviewed by: Unknown
On: 6:24 AM
TOP