Alasan Muhammadiyah Menggunakan Sistem Hisap dalam Menetapkan Awal Ramadhan / Awal Bulan Qamariyah

iklan
Informasi seputar sistem yang digunakan muhammadiyah dalam menentukan awal bulan ramadhan mungkin sedang anda cari saat ini dalam menghadapi atau menyambut kedatangan bulan istimewa yaitu bulan ramadhan. Dan yang akan kami sampaikan ini berdasarkan penjelasan ulama muhammadiyah Prof. Dr. Syamsul Anwar yaitu sebagai berikut:
1. belau berpegang teguh pada Al-Qur'an, dan Semangat Al-Qur'an adalah menggunakan Hisab. Sebagaimana dalam ayat alquran yang menjelaskan bahwa "Matahari dan bulan beredar menurut perhitungan". Dan ayat tersebut bukan hanya sebagai informasi bahwa mengelilingi bumi, namun juga kegunaannya untuk mengetahui bilangan tahun dan perhitungan waktu.
2. Lalu mengapa rasulullah dulu menggunakan Rukyat? karena pada zaman rasulullah dahulu masih belum mengenal baca dan tulis, sehingga cukup dengan melihat munculnya bulan. Hal tersebut diperkuat dengan hadist rasulallah yaitu "sesunggiuhnya kami adalah ummat yang ummi, kami tidak bisa menulis dan tidak bisa melakukan hisab, bulan itu adalah demikian-demikian. yakni kadang-kadang dua puluh sembilan hari kadang-kadang tiga puluh hari.Sehingga hal ini yang menjadikan muhammadiyah yang menggunakan sistem hisab sebagai sistem dalam penetapan awal bulan qamariyah.

Masih banyak alasan lain yang belum sempat kami informasikan untuk anda, silahkan baca selengkapnya lebih detail dan rinci di sini: http://kalsel.muhammadiyah.or.id/artikel-mengapa-muhammadiyah-memakai-sistem-hisab--dalam-penetapan-awal-bulan-qamariyah-detail-268.html
iklan
Description: Alasan Muhammadiyah Menggunakan Sistem Hisap dalam Menetapkan Awal Ramadhan / Awal Bulan Qamariyah
Rating: 4.5
Reviewed by: Hendri Prastio
On: 12:08 PM
TOP