Timnas U-19 di guncang isu pemain titipan

iklan

PSSI melalui Badan Tim Nasional (BTN) mengumumkan daftar nama 23 pemain yang akan membela tim nasional Indonesia U-19 di ajang babak kualifikasi Grup G Piala Asia 2014.
Melihat dari susunan pemain Timnas U-19, sebagian besar pemain merupakan pemain yang membawa Indonesia meraih gelar juara Piala AFF U-19 di Jawa Timur pada September 2013.
Tercatat hanya satu pemain yang diganti yakni, gelandang sayap Alqomar Tehupelasury. Alqomar digantikan Dio Permana. Kemudian pelatih Indra Sjafri memasukkan tiga nama untuk memenuhi kuota 23 pemain, yakni Awan Setho, Angga Febrianto Putra dan Yabes Roni.
“Sejumlah 19 pemain dipertahankan hanya satu pemain yang diganti, yaitu Alqomar. Posisi Alqomar digantikan Dio Permana. Selain itu ada Awan Setho, Angga, dan Yabes,” ujar pelatih Timnas 19, Indra Sjafri ditemui di Pondok Indah Mall, Jakarta, Minggu (6/10/2013).
Indra Sjafri menegaskan, pemilihan pemain murni kewenangan dia sebagai pelatih, jadi tidak ada intervensi dari pihak manapun. Dalam memilih pemain terdapat kriteria yang menjadi dasar pelatih 50 tahun itu untuk mencoret pemain.
“Penilaian pemain meliputi, kondisi fisik, kemampuan skill, mental, dan penyesuaian kemampuan tim dengan para pemain. Di sini saya terapkan promosi – degradasi, jadi kalau ada pemain di tim Piala AFF yang dicoret, itu bukan karena intervensi, tetapi karena prestasi dia kurang baik. Tidak ada pemain titipan,” ujarnya ditemui di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (6/10/2013).
Supaya pemain tidak merasa itu merupakan keputusan sepihak dari pelatih, mantan pemain PSP Padang itu menjelaskan, secara transparan alasan pencoretan pemain. “Saya beritahukan alasan mengapa dia dipakai dan dia dicoret, jadi saya terapkan transparansi,” katanya.
iklan
Description: Timnas U-19 di guncang isu pemain titipan
Rating: 4.5
Reviewed by: Edward Thomson
On: 2:08 PM
TOP