Cara Anak Cepat Gemuk yang Efektif

iklan
Bila sebelumnya saya sharing tentang menghilangkan kutu rambut pada anak, maka kali ini kita membahas cara agar anak cepat gemuk. Sebelumnya perlu diketahui bahwa tulisan ini adalah berdasarkan pengalaman dan saya bukan dokter atau ahli gizi. Memang sebagai orang tua mempunyai kekhawatiran bila anak kita tidak tumbuh sebagaimana mestinya. Apalagi pada usia balita, mereka lebih memilih bermain daripada makan.

Cara Anak Cepat Gemuk
Sebagian balita susah sekali untuk makan akibatnya bisa membuat pertumbuhan mereka terganggu. Dari pengalaman saya membuat anak saya cepat gemuk ada beberapa hal yang harus diperhatikan bahwa perlu diketahui anak akan gemuk bila jumlah asupan kalorinya lebih banyak dari jumlah kalori yang dipakai. Misalnya jika dalam sehari anak makan nasi sebesar 100 kalori tapi kemudian anak main lari-lari yang membutuhkan 150 kalori, maka otomatis selisih kalori mengambil dari lemak tubuh si anak. Akibatnya tubuh anak akan menjadi kurus.

Jadi kuncinya adalah makan yang banyak dan kontrol aktivitas anak. Cara anak cepat gemuk adalah dengan senantiasa konsisten dengan jadwal makan, sehingga anak akan terbiasa dan membuat makan sebagai rutinitas yang menyenangkan. Disela-sela jam makan biasakan anak untuk ngemil makanan ringan yang sehat. Kalau saya lebih memilih biskuit dan sereal. Makanan yang bergizi dan mengandung lemak nabati juga bagus agar anak cepat gemuk namun tetap sehat.

 Kalau anak anda susah makan, cobalah memberi suplemen penambah nafsu makan, dari pengalaman saya, ada peningkatan nafsu makan setelah anak mengkomsumsi suplemen tersebut. Biasakan juga makan bersama keluarga di meja makan, membiasakan anak bermain sambil didulang justru tidak efektif dan banyak energi anak yang berkurang. Ketika anak mendapati orang tua nya makan pada jam yang rutin di meja makan, maka mereka akan mengikuti kebiasaan tersebut.

Istirahat yang cukup juga penting, usahakan untuk selalu tidur siang. Satu tips agar anak cepat gemuk adalah ketika anak-anak sedang tidur siang, berilah susu botol, biasanya otomatis mereka akan minum susu tersebut.
iklan
Description: Cara Anak Cepat Gemuk yang Efektif
Rating: 4.5
Reviewed by: Aris
On: 1:26 PM
TOP